Sabtu, 25 Oktober 2008

Jerman tanpa Ballack, Spanyol Kehilangan Silva

BERLIN - Kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa diadakan serentak pada Sabtu nanti (6/9). Tapi, sejumlah kontestan kini harap-harap cemas seiring cedera yang menimpa para pemain pilar mereka. Siapa saja mereka?

Ujian berat dialami Jerman. Runner-up Euro 2008 itu bakal kehilangan kapten tim Michael Ballack (cedera kaki kiri) saat menghadapi Liechtenstein di Vaduz (6/9). Ballack juga dimungkinkan masih absen ketika Jerman berhadapan dengan Finlandia di Helsinki empat hari kemudian (10/9).

Gara-gara cedera itu, Ballack absen kala Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur dalam lanjutan Premier League Inggris pada Minggu lalu (31/8). Cedera itu pula yang membuat gelandang 31 tahun tersebut hanya menjadi penonton tatkala Timnas Jerman lawan Bayern Munchen dalam laga testimonial Oliver Kahn di Allianz Arena dini hari kemarin (3/9) yang berakhir draw 1-1.

"Michael (Ballack) mustahil tampil lawan Liechtensten. Dia harus istirahat selama delapan sampai sembilan hari. Harapan kami, dia bisa lebih cepat sembuh dan tampil lawan Finlandia," papar Joachim Loew, arsitek Jerman, kepada stasiun televisi ZDF dan dikutip Associated Press.

Absennya Ballack memberi masalah bagi Loew dalam mengatur komposisi di lini tengah timnya. Pasalnya, Die Mannschaft (sebutan Jerman) sebelumnya sudah kehilangan pilar lini tengah lainnya, Torsten Frings. Dia mengundurkan diri karena patah tulang hidung saat bermain basket dalam sebuah laga ekshibisi yang diselenggarakan klubnya, Werder Bremen.

Minus Ballack dan Frings, Loew bakal mengandalkan Tomas Hitzlsperger dan Simon Rolfes. Der trainer (pelatih) 48 tahun itu pun kembali memanggil Andreas Hinkel, pemain yang merumput bersama Glasgow Celtic, untuk melapis lini tengah Jerman.

Hinkel, 26, kembali masuk timnas setelah tiga tahun absen. "Hinkel adalah pemain serbabisa. Dia bisa diposisikan sebagai gelandang meski posisi aslinya full back," tutur Loew.

Pemain lain yang absen di awal kualifikasi Piala Dunia 2010 adalah gelandang Spanyol David Silva. Pemain yang biasa beroperasi sebagai winger kiri itu mengalami masalah pada engkel kiri saat menjalani tes medis di Madrid kemarin. Silva dipastikan absen saat La Furia Roja (sebutan Spanyol) menghadapi Bosnia Herzegovina di Murcia (6/9) maupun lawan Armenia di Albacete (10/9).

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque menyatakan tidak akan memanggil pemain baru sebagai pengganti Silva. Padahal, minus pemain Valencia berusia 22 tahun itu, daya serang Spanyol bakal berkurang setelah kehilangan bomber Fernando Torres. "Tidak ada pemain baru karena 19 pemain yang ada sudah cukup," kata Del Bosque kepada El Mundo.

Badai cedera ikut menimpa Italia dan Skotlandia. Italia kehilangan kiper kedua Marco Amelia karena cedera punggung di sesi latihan kemarin. Mengingat masih ada Morgan de Sanctis sebagai pelapis Gianluigi Buffon, pelatih Italia Marcello Lippi sepertinya tidak akan membawa Amelia saat melawat ke Siprus (6/9).

Sementara itu, gelandang AS Roma Alberto Aquilani (cedera engkel) dan defender Juventus Nicola Legrottaglie (tertarik otot kaki) diperkirakan bisa fit Sabtu nanti.

Lippi menyatakan bahwa Giuseppe Rossi, Riccardo Montolivo, dan Marco Materazzi seharusnya masuk skuad jika tidak mengalami cedera.

0 komentar: